Xiaomi Resmi Meluncurkan 3 Varian Baru Mi8,

Xiaomi resmi melepas varian bari Mi8, sebagai edisi spesial dalam menyambut hari ulang tahun salah seorang vendornya yang berasal dari negeri tirai bamboo, asal china.  Pada edisi khusus ini sekaligus dilevas varian baru dari Mi, yaitu Xiaomi Mi 8, Xiaomi Mi 8 Explorer Edition, dan Xiaomi Mi 8 SE.

 

Mi 8

 

Salah satu yang paling mencolok di ketiga edisi tersebut adalah kemunculan “notch” alias “poni” berukuran cukup lebar yang menjorok di atas display. Dengan begitu, Mi 8 resmi menjadi ponsel pertama Xiaomi dengan desain “poni” layar.

Yang sangat menarik dari kemunculan varian xiaomi ini adalah dengan kemunculan Notch (poni), yang menjadikan Mi8 menjadi ponsel pelopor dengan design layar “poni” . Poni ini dipasang lebih menonjol dan muncul diatas layar dengan ukuran yang lebar.  Nitch (poni) berfungsi sebagai rangka sensor kamera depan yang bekekuatan 20 megapixel dari teknologi Albokeh.  Layar depan Mi8 dibuat lebar  dengan dimensi 6,2 inchi  dan dilengkapi dengan panel OLED buatan Samsung.  Sedangkan bagian belakang bodi  terbuat dari bahan kaca dan dipasang bingkai dari aluminium.  Selain itu pada bagian bodi belakang dipasang pula doble camera yang disusun secar vertical pada bagian kiri bodi, dengan ukuran kamera masing masing 12 megapixel dan bukaan f/1,8 dan f/2,4

Pihak xiaomi menyatakan bahwa Xiaomi Mi 8 merupakan perintis ponsel yang memasang dual-frequency GPS yang padat mengakses data lokasi yang lebih tepat. Bersamaan dengan peluncuran Mi 8, dilepas juga  MIUI 10.  Pada Mi 8 masih dipasang antarmuka MIUI 9 yang dioperasikan dengan OS Android Oreo. Namun akan diperbaharui sehingga bisa di-upgrade ke MIUI 10.

Untuk sektor hardware, Xiaomi Mi 8 dilengkapi dengan chip Snapdragon 845, dipadukan padankan dengan RAM 6 GB dan daya simpai yang besar dari  64 GB, 128 GB, dan 256 GB. Khusus Xiaomi Mi 8, mempunyai kapasitas baterai  3.400 mAh.

 

Mi 8 Explorer Edition

Sebenarnya antara Mi 8 dan Mi 8 Explorer Edition memiliki spesifikasi yang tidak jauh berbeda.  Yang membedkan hanya pada sisi rancangan, dimana pada MI8 disematkan sensor sidik jari pada bagian punggung, sedangkan rancangan pada Mi 8 Explorer Edition model in-display fingerprint.

Berbeda dengan edisi sebelumnya bahwa pada di edisi xiaomi kali panel belakang didesign transparan. sehingga komponen bagian dlamnya dapat terlihat jelas dari belakang.  Yang menarik bahwa pada Mi 8 Explorer Edition dilengkapi pula dengan teknologi pengenal wajah 3D (3D facial recognition), sebagai pengganti dari sensor infrared face unlock di Xiaomi Mi 8 biasa.

Xiaomi Mi 8 edisi Explorer Edition ini dilengkapi dengan RAM 8 GB dan ROM 256 GB,  baterai lebih kecil, yakni 3.000 mAh dengan kecepatan Charger 4.0 yang juga sama yang dimiliki Mi 8.

 

 

Mi 8 SE

Dari ketiga merek MI8 yang baru dirilis, Xiaomi Mi 8 SE merupakan edisi terendah.  Dengan spesifikasi Ukuran layar lebih mungil, yakni 5,8 inci dengan panel OLED. Xiaomi Mi 8 SE merupakan ponsel pertama yang memasang chip keluaran baru  dari Qualcomm, yakni Snapdragon 710.  Chip iini dipadukan dengan grafis Adreno 616, serta pilihan RAM 4 GB dan 6 GB dengan masing-masing kapasitas ROM 64 GB. Konfigurnyaasi kameranya pun berbeda dari dua edisi sebelumnya. Kapasitas baterai sebesar 3.120 mAh dengan Quick Charge 3.0. Seperti Mi 8, sensor fingerprint tersemat di bodi belakang perangkat.

 

Harga

Di pasar China, Xiaomi Mi 8 akan dirilis dengan harga mulai dari 2,699 yuan (sekitar Rp 5,8 juta) untuk varian ROM 64 GB,  sedang Varian dengan ROM 128 GB seharga  2.999 yuan (sekitar Rp 6,4 juta), dan untuk  ROM 256 GB dibanderol 3.299 yuan (sekitar Rp 7,1 juta).

Untuk varian Mi 8 Explorer Edition dihargakan  3.699 yuan (sekitar Rp 8,1 juta). Mi 8 SE seharga 1.799 yuan (sekitar Rp 3,9 juta) untuk varian dengan RAM 4 GB sebesar  1.999 yuan (sekitar Rp 4,3 juta) untuk varian dengan RAM 6 GB. Flagship ini baru akan dilempar ke pasar China tanggal 5 dan 8 Juni mendatang.

 

Sumber Kompas.com, jumat, 1 Juni 2018